Mata
Kuliah : IKD 1
Dosen : Astuti Chayatun
Semester/kls : 1/c
DISUSUN
OLEH :
NOVALINDA KAPITANHITU
(1101137)
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN
STIKES MUHAMMADIYAH
MANADO
2011
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur saya panjatkan ke
hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas nikmat kesehatan yang diberikan-Nya
kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah tentang “Microsoft
Office” ini tepat pada waktunya. Di dalam makalah ini saya akan menjelaskan
tentang Microsoft Office Word, Excel dan Power Point.
Saya sadar bahwa makalah yang saya
buat ini masih sangat jauh dari sempurna, karena saya masih dalam tahap belajar
untuk dapat membuat makalah yang baik. Penjelasan yang saya buat tentang
Microsoft Office pun belum sempurna juga, karena itu bimbingan dan saran dari
Dosen Pembimbing serta teman-teman sangat saya butuhkan. Terima Kasih.
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1. PENDAHULUAN
BAB 2. PEMBAHASAAN
2.1. Microsoft Office Word
2.2. Microsoft Office Excel
2.3. Microsoft Office Power Point
BAB 3. PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB
1. PENDAHULUAN
Microsoft Office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran
buatan Microsoft
dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem
operasi Microsoft
Windows dan Mac
OS X.
Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel,
Word,
dan PowerPoint
BAB 2. PEMBAHASAAN
2.1.
Microsoft Office Word
Microsoft word 2007 merupakan salah
satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office 2007. Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003, microsoft word 2007
memiliki beberapa keunggulan dan
kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis, misalnya
menulis document, surat, famplet, kartu nama, brosur, dll dengan lebih baik. Microsoft
word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versi
sebelumnya yaitu word 2003.
Untuk
menggunakan dan mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut
:
1.
Klik menu start pada taskbar
2.
Klik all programs -->Microsoft Office -->
Microsoft Office Word 2007
Mengenal
Elemen Jendela Word :
1.
Menu Bar
Menu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal
pada blog, yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar terdiri atas :
a.
Home
Home merupakan menu utama yang
akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word 2007. Menu
home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan
paragraph, styledan editing serta clipboard
b.
Insert
Menu insert terdiri dari : Pages, Tables,
Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol
c.
Page Layout
Menu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup,
Page Background, Paragraph dan Arrange
d.
References
References terdiri dari : Table
of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table
of Authorities
e.
Mailings
Mailings
terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview
results, finish.1.6 ReviewReview terdiri dari : proofing Comments, Tracking,
changes, Compare dan Protect.
Ø Fungsi Menu dan Sub Menu Microsoft Word 2007
Menu
dalam Microsoft Word
1.Menu file
Menu yang berhubungan dengan operasi
terhadap file dokumen dengan sub menu sebagai berikut :
v Submenu Fungsi
-
New membuat dokumen baru.
-
Open membuka file dari piranti/ media menyimpan
-
Close menutup jendela dokumen aktif
-
Save menyimpan dokumen yang masih aktif
-
Save AS menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama
atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan.
-
Save As menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web.
-
Web Page melihat contoh tampilan halaman web yang
dibuat dana yang akan di cetak.
-
Preview Page Setup mengatur halaman dokumen yang akan
di cetak.
-
Prin Preview melihat contoh hasil cetakan dokumen
(margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer.
-
Print mencetak dokumen
-
Send To mengirim dokumen
-
Properties Membuat ringkasan dari dokemen yang aktif
-
Exit keluar dari word sebelum menutup semua
dokumen
2.Menu Edit
Menu yang
berhubungan dengan penyuntigan (editing) terhadap file dokumen dengan submenu
sebagai berikut:
v Submenu Fungsi
-
Undo membatalkan perintah yang terakhir di lakukan
-
Repeat mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya
dibatalkan melalui perintah Undo
-
Cut memotong sebagian atau seluruh data
-
Copi menyalin data
-
Paste menyisipkan/meletakkan hasil copi dan cut paste
special fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hiperling pada document
-
Clear membersihan atau menghapus semua data yang ada
di dokumen.
-
Select All memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen
-
Find mencari data pada dokumen
-
Replace menggantikan data pada dokumen dengan data
baru
-
Go To berpindah ke halaman tertentu dari bagian-bagian
dokumen atau footnote
-
Links menampilkan atau mengubah setiap link yang ada
di file dokumen
-
Objek Mengedit objek yang berasal dari insert yang
behubungan dengan link (objek Clipart, dll)
3.Menu View
Menu yang berhubungan dengan
tampilan dari file dokumen dengan submenu sbb:
v SubmenuFungsi
-
Normal menampilkan dokumen dalam status normal
-
Web Layouts menampilkan dokumen dalam layouts web
-
Print Layouts menentukan dokumen dalam layouts cetak
-
Outline menampilkan struktur dokumen
-
Toolbars memunculkan toolbar words
-
Ruler memunculkan mistar dokumen
-
Dokumen Mab memunculkan bagian dari sub bagian dari
dokumen pada jendela tersendiri
-
Header dan Foother membuat header dan foother sebagai
efek cetakan
-
Comments menampilkan toolbars reviewing dan comments
pada dokumen
-
Fotnothes menampikan cetakan kaki dokumen
-
Fullscreen menampilkan dokumen satu tayangan penuh
-
Zoon mengubah ukuran penampilan dokumen words.
4.Menu Insert
Menu yang
berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen. Dengan submenusebagai berikut:
v Submenu Fungsi
-
Break untuk membuat pemutusan halaman, section, kolom
ataupun teks dari dokumen word
-
Page Numbers menyisipkan nomor halaman
-
Date and Time menyisipkan tanggal dan waktu
-
Autotext menyisipkan teks tertentu
-
Field menyisipkan field
-
Symbol menyisipkan symbol
-
Comments memberikan komentar ke lembar kerja
-
Footnote menyisipkan catatan kaki dokumen
-
Cattions menyisipkan judul table grafik atau persamaan
dalam table
-
Croosreverense menyisipkan reverensi silang Indeks
-
Tables menyisipkan indeks dokumen
-
Daftar isi,
daftar gambar
-
Picture menyisipkan gambar dari fasilitas cliptart,
pronfile autosave oraganitation carh dan wordarth
-
Textbox menyisipkan kotak yang dapat diisi teks
-
File menyisipkan file dokumen
-
Objek menyisipkan objek
-
Bookmark menyisipkan bookmark
-
Hyperlink menyipkan teks dan gambar hyperlink pada
lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di
piranti penyimpanan
5.Menu format
Menu yang berhubungan dengan operasi
pengaturan terhadap file dokumen denganvsubmenu sbbv:
v Submenu Fungsi
-
Font mengatur tampilan font yang digunakan dalam
dokumen
-
Paragraph mengatur paragraph
-
Bullet and Numbering mengatur pemberian tanda dan
penomoran item
-
Border and Sanding mengatur batas-batas dan pembuatan
efek bayangan
-
Colums mengatur laju kolums dalam dokumed
-
Tabs mengatur letak tabulasi dokumen
-
Changecase mengubah huruf capital
-
Background mengatur warna latar belakan dari dokumen
-
Theme mengganti stile dokumen
-
Frames mengatur frames
-
Autoformat mengatur secara otomatis
-
Stile mengatur stile paragraph
6.Menu Tools
Menu yang berhubungan dengan oprasi
terhadap file dokumen dengan submenu sbb:
v Submenu Fungsi
-
Speeling and Memeriksa ejaan pada kata dokumen
-
Grammar Lamuage mengatur penggunaan bahasa
-
Wordcount Penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan
paragraph
-
Auto Correct untuk menggabungkan dokumen
-
Track Changes melihat pengubahan data yang dilakukan
berdasarkan waktu, siapa dandimana pengubahan itu terjadi didalam jaringan
computer
-
Protect Documen mengamankan atau memproteksi
dokumen
-
Online Collaboration menyusun dan mengadakan pertemuan
beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari Meet Now, Schedule Meeting
dan Web Discussion
-
Mail Marge menggunakan fasilitas mail marge
-
Enveleps and Lables pembuatan surat dan label
-
LetterWizzards membuat surat dengan fasilitas dantuan
dari word
-
Macro membuat atau menjalankan program macro mengedit
atau menghapus maero
-
Templates and Add Ins mengaktifkan atau menonaktifkan
program add and template word
-
Costumede Menta toolbars menambahkan comman baru,
membuat menu dan toolbars sesuai dengan keinginan pengguna
-
Options Pilihan dalam pengaturan
7.Menu Table
Menu yang
berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan sub menu sebagai
berikut :
v Subemenu Fungsi
-
Draw Table membuat table dengan menggambar
-
Insert menyisipkan table
-
Delete mengahapus data Marge menggabungkan sel-sel
dalam table
-
Splitcels memisahkan sel-sel dalam table
-
Convert mengkonversi table ke teks atau sebaliknya
-
Sort mengurutkan data dalam table
-
Table property menampilkan rangkuman dalam table
8.Menu Window
Menu yang
berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja dari dokumen dengan sub
menu sebagai berikut :
v Submenu Fungsi
-
New Windows memperlihatkan dokumen yang sedang di edit
pada jendela baru
-
Arrangeall mengatur jendela dari dokumen
-
Spilt membagi dokumen menjadi beberapa bagian
9.Menu Help
Menu yang
berhubungan dengan pasilitas bantuan dari word.
2.2. Microsoft Office Excel
Microsoft
Excel merupakan software untuk mengolah data secara otomatis
meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan
manajemen data. Microsoft Excel atau Microsoft
Office Excel adalah sebuah
program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh
Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan
menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu
program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat
ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak
digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun
platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun
1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi
terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam
paket Microsoft Office System 2007.
a) Berikut
Istilah dalam Microsoft Excel selengkapnya :
1. Cell
: merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah
karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat
berupa value, formula atau text.
Contoh : cell A3,
cell D5
2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan
dari 256 kolom dan 65536 baris.
3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan
dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4. .
Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah
yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut
kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell
A4 sampai cell D6
5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika
dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell
lain.
Contoh : cell hingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
Contoh : cell hingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
6. Alamat Absolut : merupakan alamat yang
dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk
menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula
$A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
7. Name
Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat
nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Menulis Rumus
1. Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
1. Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
a. = : sama dengan
c. = : lebih besar atau sama dengan
d. <= : lebih kecil atau sama dengan f. : tidak sama dengan
d. <= : lebih kecil atau sama dengan f. : tidak sama dengan
v Menggunakan
Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ( ).
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ( ).
A. Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
1. Fungsi
If :
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh : =If(A530,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
Contoh : =If(A530,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
2. Fungsi String
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
3. Fungsi VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
penulisannya : =VALUE(text)
4. Fungsi FIND :
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
5. Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
6. Fungsi LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
7. Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
8. Fungsi CONCATENATE :
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel :
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP
digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal
(HLOOKUP),
penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
v Fungsi
yang sering digunakan
1. fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
2. Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
3. Fungsi Max :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
4. Fungsi
Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5. fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6. Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…
7. Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
2.3. Microsoft Office Power Point
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah
sebuah program komputer untuk presentasi
yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran
mereka, Microsoft Office, selain Microsoft
Word, Excel, Access
dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC
berbasis sistem operasi Microsoft
Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem
operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas
sistem operasi Xenix.
Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan
pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office
System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint
saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah
versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office
System 2007.
v Ada empat
jenis layout pada Office Theme yaitu:
1. Teks
Layouts, yang berisi Layout khusus untuk menampilkan teks saja, terdiri dari
Title Slide yaitu slide untuk judul/awal presentasi, Title Only hanya memuat
judul saja, Title and Teks memuat judul dan penjelasannya, Title and 2 colom
memuat judul dan pembahasan yang disajikan dalam bentuk 2 kolom.
2. Content
Layouts, yang berisi Gambar, bagan, diagram dengan lima bentuk yaitu: Blank
artinya kosong, Content berisi isinya saja, Title and Content untuk menampilkan
judul dan Isinya, Title and two Content untuk menmpilkan judul dan dua isi yang
disajikan dalam dua kolom, Title, Content and 2 Content sama dengan Title and
Content hanya Content kolom kedua dipecah lagi menjadi dua baris, Titel 2
Content and Content sama dengan sebelumnya hanya yang kiri yang dipecah dua,
Title and 4 Content sama dengan sebelumnya hanya kiri dan kanan masing-masing
dipecah dua.
3.
Text and Contents Layout
Yaitu gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, anda dapat memilih salah satu model yang diinginkan.
Yaitu gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, anda dapat memilih salah satu model yang diinginkan.
4. Other Layout
Model Slide
out yang lain, misalnya dengan clip art, media dan sebagainya. Anda dapat memilih
sesuai dengan kebutuhan
BAB 3. PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Ø Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003, microsoft word 2007 memiliki
beberapa keunggulan dan kemudahan dalam membantu kita
mengerjakan pekerjaan tulis-menulis, misalnya menulis document, surat,
famplet, kartu nama, brosur, dll dengan lebih baik.
Ø Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
Ø Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada
disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita
tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus
dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau
range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ( ).
DAFTAR PUSTAKA
-
Dari
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
-
ARTIKEL PENGGUNAAN MICROSOFT WORD 2007Posting Artikel ke wordpress dengan MS
Word 2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar